Home / Trik Cerdas Belanja Hemat di Supermarket

Trik Cerdas Belanja Hemat di Supermarket

Trik Cerdas Belanja Hemat di Supermarket

Pernahkah anda merasa was-was ketika memasuki area Supermarket? Jangan takut, ini ada trik cerdas belanja hemat diSupermarket. Entah itu takut uangnya tidak cukup, silau akan banyaknya discount, atau tergoda dengan produk yang sedang ada “Special Offer”?. Tenang ….. Anda tidak sendiri kok, banyak orang mengalami hal serupa ketika memasuki area Supermarket.

Tidak bisa dipungkiri , di zaman yang semakin maju seperti sekarang ini, Supermarket memang salah satu pasar swalayan yang memudahkan orang-orang dalam mencari kebutuhan rumah tangga. Namun sayangnya, sedikit sekali orang yang mempunyai trik cerdas belanja hemat di Supermarket dan  me Manage keuanagan disaat mereka berbelanja di Supermarket. Yang ada justru uang yang dibawa dari rumah berdasarkan list belanja keluar dari budget yang sudah ditargetkan dan malah membengkak karena membeli barang-barang yang sebetulnya tidak benar-benar butuh.

trik cerdas belanja hemat di supermarket ataupun minimarket

Nah, silahkan coba trik  cerdas belanja hemat di Supermarket dibawah ini  :

Buatlah Time Limit 

Mungkin sedikit asing terdengar istilah Time Limit ini, tapi inilah salah satu trik cerdas belanja hemat di Supermarket. Yang artinya adalah memberi batasan waktu saat berbelanja. Tapi perlu anda ketahui, trik ini sangat mengungtungkan bagi anda yang sudah kecanduan dengan yang namanya discount dan special offer yang ditawarkan oleh pihak Supermarket ataupun Minimarket. Dengan membuat time limit pada diri sendiri saat berbelanja, Anda tidak akan membuang – buang waktu melihat barang yang tidak diperlukan. Anda akan fokus dengan barang yang akan di beli sesuai list dari rumah dengan tenggat waktu yang sudah anda tentukan. Contohnya : dalam waktu 30 menit , Anda hanya fokus pada belanja bulanan. Dan 30 menit kemudian, Anda fokus pada belanja harian. Dengan begitu pasti akan lebih teratur , dan Anda tidak akan melirik barang yang lain.

rak gondola meja kasir

 

Tulis Kebutuhan di Daftar Belanja

Perlu anda ketahui bahwa membuat daftar belanja sebelum pergi Ke Supermarket ataupun Swalayan itu sangat pentingsekali. Selain memudahkan Anda  agar tidak lupa dengan barang yang akan dibeli. juga membuat Anda tidak boros dalam mengeluarkan uang. Anda bisa memulai kebiasaan mencatat daftar belanja ini dengan menuliskan semua kebutuhan dirumah yang habis atau mau habis. Yakin deh, dengan mengaplikasi tips ini secara konsisten, Anda tidak kebakaran jenggot dalam pengeluaran yang membengkak setiap bulannya. Dan satu lagi, jangan lupa bawa catatan daftar belanja, dan sebaiknya letakkan pada tempat yang sering terlihat.

 

harga rak minimarket supermarket toko baru

 

Cek Harga di Katalog atau di Rak 

Biasanya didepan pintu masuk sebuah toko, Anda akan disuguhi berbagai brosur atau katalog , yang berhubungan dengan barang-barang yang dijual di toko tersebut. Percaya atau tidak, terkadang di Supermarket besar memiliki kecenderungan salah memasukkan harga antara di katalog dengan di rak tidak sama dengan struk belanja. Maka dari itu Anda sebagai pembeli yang cerdas, biasakanlah membaca terlebih dahulu katalog yang sudah disediakan oleh pihak Supermarket. Dengan membaca katalog anda akan jenis barang apa saja yang sedang promo dan yang tidak.

harga rak gondola double

Belanja ketika Discount dan Promo

Banyak sekali retail besar setiap akhir tahun ataupun Lebaran berlomba-lomba mengadakan discout besar-besaran. Dan biasanaya saat discount begini, banyak harga barang-barang terutama kebutuhan sehari-hari seperti roti dan daging harga jualnya menjadi lebih murah. Selain discount, dari pihak Minimarket akan menawarkan promo produk pada event tertentu. Dalam hal ini produk-produk yang masuk dalam daftar promo biasanya dibanderol dengan harga yang murah dibandingkan dengan harga reguler. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda yang ingin menghemat saat berbelanja ke Supermarket, pilihlah waktu yang tepat saat promo dan diskon.

 

Jangan Beli Eceran

Jika anda memutuskan untuk berbelanja, sebaiknya ketika membeli barang, pilihlah yang dalam bentuk grosir. Keuntungan lainnya juga bisa Anda dapatkan dari pembeli an grosir adalah kualitas produk yang bagus sekaligus biaya yang rendah. Tetapi anda juga butuh kejelian dalam hal ini karen pembeliandalam jumlah grosir pun belum tentu bisa menghemat biaya. Oleh karena itu, anda harus memastikan produk yang dibeli dengan jumlah grosir tadi kualitasnya benar-benar bagus. Bukan produk murah yang sengaja di campur dengan produk mahal oleh pihak Supermarketguna meminimalisir kerugian ataupun subsidi silang. Be a smart Buyer !!!

 

Jangan berbelanja dalam keadaan perut kosong !!!!

Sangat aneh bukan ketika mendengar larangan berbelanja dalam keadaan perut kosong? Mungkin aneh, tapi faktanya ketika anda berbelanja dalam keadaan perut kosong akan sulit berkonsentrasi dan menganggu dalam berbelanja karena perut keroncongan. Hal itu memaksa anda untuk segera makan di restoran terdekat. Tentunya ini akan menambah pengeluaran anda yang sebelumnya tidak masuk adalam list belanja. Maka sebaiknya makanlah terlebih dahulu sebelum pergi berbelanja ke Supermarket.

 

Gunakan Uang Tunai

Mungkin akan terlihat kuno dan ketinggalan jaman ketika anda membayar dengan cash, tetapi tip ini sangat bermanfaat untuk menghemat pengeluaran anda. Dari hasil pengalamanpun menunjukkan bahwa membayar dengan uang tunai bisa menekan keinginan untuk berbelanja yang tidak perlukarena melihat isi dompet yang sudah kosong ataupun tipis.

 

Cek Struk Pembelian

Tips terakhir dalam trik berbelanjak hemat di Supermarket adalah mengecek struk pembelian setiap selesai berbelanja. Mungkin ini kelihatannya sangat remeh, padahal hal ini penting sekali . Di khawatirkanada kesalahan perhitungan ataupun input data ketika kita melakukan pembayaran harga di label dengan mesin kasir.

 

Dengan mempraktekkan trik-trik diatas , dijamin pengeluaran anda untuk belanja bulanan tidak akan membengkak lagi. Tentunya anda harus bisa mengontrol diri dan disiplin untuk tidak berbelanja barang yang tidak begitu penting. Kesimpulannya, berbelanja di Supermarket itu suasananya nyaman bersih dan mempunyai nilai lebih dibanding di pasar tradisional. Akan tetapi anda tahu, jika sebenarnya harga di Supermarket banyak yang lebih mahal. Hanya saja dikemas dengan adanya istilah discount dan promo. Oleh karena itu anda harus jadi pembeli yang cerdas dan jeli.

Supermarket merupakan tempat berbelanja yang bersih, komplit, melayani sendiri apa-apa saja barang yang kita inginkan, banyak discount dan promo, pelayan yang banyak sehingga jika kita ingin bertanya akan lebih nyaman. Banyaknya pertumbuhan Supermarket, Swalayan, Minimarket akan memudahkan kita untuk membeli brang-barang kebutuhan pokok sehari-hari

Itulah sedikit trik cerdas belanja hemat di Supermarket, semoga bermanfaat. Aamiinn ….