Home » Rak Minimarket » Model dan Kebutuhan Rak Minimarket

Model dan Kebutuhan Rak Minimarket

Model dan Kebutuhan Rak Minimarket

Kebutuhan rak minimarket menjadi sebuah kewajiban ketika anda baru membuka minimarket atau toko kelontong untuk usaha. Rka minimarket inilah yang nantinya akan membantu anda dalam menata barang dagangan dan menjajakanan kepada konsumen. Karena konsumen lebih suka berbelanja dengan konsep memilih sendiri ketimbang diambilin. Karena konsep inilah yang membuat pelanggan menjadi puas dan ingin lagi untuk datang.

Ada beberapa model dan jenis rak minimarket yang bisa anda pilih untuk kebutuhan minimarket anda. Model model tersebut tentunya sangat familiar dengan apa yang sering kita jumpai di minimarket. Jadi kurang lengkap rasanya apabila anda belum membeli rak minimarket ini. Oleh karena itu, simak model apa saja yang sekiranya digunakan di dalam rak minimarket.

Model dan Kebutuhan Rak Minimarket yang Harus Anda Miliki

Rak Gondola Minimarket

Rak gondola sepertinya sudah menjadi rak yang wajib dimiliki oleh setiap minimarket atau toko kelontong. Rak ini dapat digunakan untuk menaruh berbagai macam barang, seperti sembako, snack, serta kebutuhan lainnya. Rak gondola sendiri sangat populer karena fungsinya sangat banyak sekali. Tidak hanya berperan sebagai rak AZ, tapi juga berperan sebagai rak display di front, gudang, dan lain sebagainya.

rak gondola surabaya

Rak gondola sendiri memiliki 2 jenis, yaitu single dan double. Rak jenis single hanya memiliki 1 sisi saja. Satu sisi ini memungkinkan rak single sangat cocok bila ditempatkan di samping tembok atau mepet tembok. Sehingga seluruh sudut ruangan anda bisa terpenuhi dengan baik oleh pajangan berbagai macam produk yang anda miliki. Pelanggan tidak akan terlihat bosan, karena anda begitu banyak memiliki barang sehingga mereka akan betah dan akan balik lagi. Karena para pelanggan akan mengira jika toko anda adalah toko yang paling lengkap.

Jenis kedua yaitu double. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak. Rak gondola jenis ini memiliki 2 sisi. Kedua sisi inilah yang memungkinkan rak ini ditempatkan di tengah tengah toko. Rak double menjadi center dalam penjualan, jadi tempatkanlah barang yang benar benar dicari oleh pelanggan. Rak ini wajib dimiliki saat anda memulai bisnis retail. Isikanlah produk produk yang banyak dijamah oleh pelanggan seperti snack, sembako, kebutuhan mandi, kecantikan, dan lain sebagainya.

Kedua jenis rak gondola tersebut biasanya menggunakan sistem knock down atau bongkar pasang. Keunggulan rak gondola sistem knock down ialah anda bisa mudah dalam melakukan bongkar pasang. Cukup lepas dan pasang baut yang ada di engsel rak. Sistem knock down juga dinilai lebih kuat ketimbang sistem bongkar pasang. Sedangkan jika anda ingin lebih simple dan murah, maka gunakanlah sistem bongkar pasang. Anda bisa merakit rak ini dimana saja dan kapan saja sesuai kemauan anda.

Rak Display

rak display besi tuk produk di minimarket

Rak display sebenarnya mirip seperti rak gondola. Tapi yang membedakan ialah fungsinya. Jika rak gondola minimarket di atas berfungsi sebagai menaruh barang dalam jumlah yang besar, beda dengan rak display yang hanya bisa menampung barang barang kecil saja. Karena pada dasarnya, rak ini hanya menampung barang barang pilihan, seperti barang promosi, barang yang best seller, barang menarik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rak display memiliki banyak jenis. Ada rak display yang khusus digunakan untuk galon, sari roti, atau yang lainnya. Rak display ada juga yang bertipe single ataupun double. Tapi biasanya anda bisa memodifikasi sendiri apakah rak display tersebut ingin dijadikan single atau double. Karena bisa dengan mudah dibongkar pasang. Sistem yang digunakan knock down atau bongkar pasang, tergantung dari keinginan anda.

Rak Gantung

Rak minimarket selanjutnya yang bisa anda pilih ialah rak gantung. Rak gantung memiliki fungsi yaitu untuk menggantungkan barang dagangan. Barang yang digantung di rak gantung bisa memberikan gambaran lebih kepada pelanggan. Karena sebenarnya tidak semua barang cocok untuk diletakan di rak gondola, ada beberapa barang yang hanya cocok digantungkan. Rak gantung sangat cocok bila ditempatkan di samping rak gondola single atau front toko.

Barang yang bisa anda gantungkan di rak gantung di antara lain sapu, pel, kemoceng, dan masih banyak lagi yang lainnya. Rak gantung sendiri sebenarnya merupakan rak yang berupa ram yang diberi hanger. Ram ini bertujuan untuk memberikan space untuk barang gantung. Rak gantung bisa juga memberikan daya tarik tambahan kepada pelanggan. Mereka akan berpikir jika toko anda terlihat penuh dan banyak barang barang menarik yang dipajang.

Rak Gudang

jual rak gudang bekasi dari pabrik

Rak untuk kebutuhan minimarket yang terakhir ialah rak gudang. Rak gudang memiliki spesifikasi yang jauh lebih kuat ketimbang rak gondola biasa. Rak gudang memiliki 3 tipe, yaitu light, medium, dan heavy atau tonase. Rak gudang light mampu menopang berat sekitaran 250 kg. Rak medium mampu menampung barang sekitar 500 kg an. Sedangkan rak tonase mampu menampung barang yang beratnya hingga ber ton ton.

Rak gudang wajib dimiliki oleh pelaku usaha retail atau pun toko kelontong. Dengan menggunakan rak gudang, anda sudah bisa menambah kapasitas storage yang anda miliki. Selain itu, rak gudang juga bisa memudahkan kita ketika hendak mencari barang yang kita simpan di dalam gudang.

Demikian adalah model dan kebutuhan rak minimarket. Tidak semua anda memiliki semua model rak minimarket tersebut. Tapi jika anda ingin lebih profesional dalam menjalankan usaha retail, maka anda harus memiliki semua rak tersebut. Supaya barang dagangan bisa tertata rapi dan pelanggan menjadi puas.