Home / MINIMARKET BERINOVASI DENGAN MULTI FUNGSI

MINIMARKET BERINOVASI DENGAN MULTI FUNGSI

 RAK MINIMARKET BERINOVASI DENGAN MULTI FUNGSI

Pada edisi sebelumnya Anda telah disuguhkan artikel tentang “Bisnis Minimarket Yang Menjanjikan”. Nah, di kesempatan ini, bahasan masih di seputar rak minimarket berinovasi dengan multi fungsi, dan Penulis akan mengulas tentang minimarket yang berinovasi. Wah, penasaran, ya? Untuk lebih jelasnya, simak tulisan ini hingga tuntas.

Di era modern gaya dan cara orang berbelanja berubah. Apalagi bagi orang orang yang super sibuk dan para remaja, mereka suka beli kebutuhan sehari hari ke minimarket. Selain karena lokasi dekat pemukiman penduduk, strategis, menghemat waktu, tenaga dan biaya, juga karena minimarket kini kian inovatif dengan multi fungsi yang tentu saja terkandung maksud untuk mendongkrak popularitas serta untuk meningkatkan jumlah penjualan. Apa saja inovasinya?

rak minimarket berinovasi dengan multi fungsim

1. Minimarket sebagai tempat jual beli barang kebutuhan sehari hari

Letaknya yang dekat pemukiman penduduk dan strategis/di pinggir jalan merupakan nilai lebih dari keberadaan minimarket. Orang yang akan beli keperluan mendesak dan dalam jumlah kecil akan pergi ke warung modern tersebut. Namun jika dalam jumlah besar mereka akan pergi ke pasar tradisional atau hipermarket. Hal ini disebabkan karena harga di pasar tradisional cenderung lebih murah bahkan bisa ditawar.  Sedangkan harga di hipermarket juga lebih murah dibanding minimarket, kadang kadang jika beli barang/kebutuhan sehari hari dalam jumlah banyak maka berlaku harga grosir. Tentu ini menguntungkan bagi pembeli.

2. Tempat mencari produk baru dan produk lama

Di minimarket kita bisa melihat rak minimarket berinovasi dengan multi fungsi, beraneka barang kebutuhan dari berbagai merk yang tertata rapi di rak yang menjadi penarik bagi calon pembeli. Para pembeli bisa melihat  dan mencari barang yang dibutuhkan. Namun apabila menemukan produk baru/asing, sebaiknya dilihat dan dibaca dengan seksama tulisan dalam kemasannya. Jika ada yang meragukan atau kurang paham, langsung saja bertanya pada pramuniaga yang berada disitu.

3. Tempat rekreasi atau cuci mata

Ketika Anda merasa penat atau stress karena rutinitas sehari hari, cobalah pergi ke minimarket sejenak untuk melepas lelah dan menyegarkan mata sejenak. Sekedar ke ATM yang lokasinya masih di dekat atau di dalam minimarket. Beli pulsa, token listrik, beli kopi/mie rebus atau apa saja yang bisa dijadikan alasan ke minimarket. Kemudian duduk di teras toko. Perlu Penulis tambahkan disini bahwa beberapa minimarket telah menyediakan tempat duduk berikut mejanya di teras agar para pengunjung/calon pembeli bisa rileks sesaat sembari pesan makanan/minuman yang dijual di tempat itu.

Apalagi kini, sudah merebak para pedagang di depan minimarket. Biasanya antara pedagang dan pengelola minimarket telah membuat perjanjian hitam di atas putih, yang isinya tentang macam dagangan yang harus memenuhi kriteria layak jual, kehalalan, kebersihan, kemasan, dan lain lain (termasuk biaya sewa tempat dan bahan baku harus beli di minimarket dimana pedagang berjualan. Tentu inovasi tersebut memberi warna sendiri dalam promosi mereka. Pembeli bisa santai, berbelanja dan menikmati aneka kuliner yang berjajar di lokasi.

fungsi rak minimarket

Belum lagi, anak anak muda yang nongkrong disitu. Ibarat sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekali ke minimarket bisa : ambil uang di ATM, beli sesuatu barang/makanan, ngisi pulsa hp, bertemu pramuniaga cewek maupun cowok yang ramah, ganteng/cantik. Bisa ngobrol dengan teman/pacar di teras sambil melihat kendaraan yang lalu lalang di jalan dan pengunjung minimarket yang silih berganti. Bisa berteduh juga dari panas dan hujan. Asyik, kan?

4. Tempat bersosialisasi dengan warga masyarakat

Saat sedang mengunjungi minimarket mungkin saja kita bertemu dengan orang orang yang kita kenal, seperti teman, saudara, tetangga, bos, anak buah, dan sebagainya. Dengan bertemu secara langsung orang orang yang kita kenal dapat melakukan komunikasi untuk memperkuat hubungan sosial diri kita dengan orang orang tersebut. Sangat mungkin sekali seseorang yang masih lajang mencari jodoh/pacar di dalam minimarket, karena minimarket adalah tempat belanja yang dikunjungi oleh banyak orang, baik yang tinggal di sekitarnya maupun yang jauh dari lokasi itu. Entah dapat pacar/jodoh dengan pemilik, pramuniaga, pedagang yang berjualan di sekitar rak minimarket. Bukankah salah satu sebab orang bisa jatuh cinta karena sering bertemu, berkomunikasi dan adanya kecocokan? Maka minimarket bisa dikatakan salah satu wahana untuk menemukan  jodoh.

5. Tempat menukar uang receh dan dan uang besar

Jika kita butuh uang receh maka kita bisa mencoba menukarkannya ke minimarket yang dekat dengan rumah kita. Namun sebaiknya jangan menukar uang recehan terlalu banyak karena pihak warung modern itu juga membutuhkan uang receh untuk kembalian pembeli barang dagangan mereka yang membayar pakai uang besar.MINIMARKET BERINOVASI DENGAN MULTI FUNGSI.

6. Tempat menitipkan barang dagangan pelaku usaha kecil dan menengah

Keberadaan minimarket bisa dikatakan pintu gerbang menuju sukses para pelaku usaha ekonomi kecil dan menengah. Para pengusaha tersebut dapat menitipkan produk hasil kreasinya, baik berupa makanan, asesoris, pakaian dan lain lain, dengan persyaratan yang telah disepakati bersama. Dengan adanya kerjasama di atas diharapkan pendapatan per kapita masyarakat meningkat, kian sejahtera, dan lahan pekerjaan terbuka lebar sehingga menguntungkan semua pihak, baik minimarket yang bersangkutan maupun masyarakat sekitar.

7. Tempat belanja yang bisa berjalan ke rumah para pelanggan

Wah, hebat, yah? Bagaimana caranya? Mudah, saja. Para pembeli yang sudah menjadi anggota tetap bisa mengajukan kartu anggota/pelanggan. Manfaat kartu pelanggan, diantaranya saat berbelanja di minimarket yang mengeluarkan kartu tadi pelanggan dapat potongan harga yang besarnya sudah ditentukan. Selanjutnya, apabila ada pelanggan yang belanja via online juga dilayani. Pelanggan tinggal lihat barang barang yang ditampilkan di website minimarket, lalu pesan/klik yang akan dibeli. Pembayaran bisa lewat transfer bank atau kontan, jika barang sudah dikirim dan sampai di rumah pembeli/pelanggan. Hemat waktu, tenaga dan biaya.

rak_supermarket_murah

Begitulah, kecanggihan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) serta modernisasi telah membawa keuntungan di semua bidang kehidupan salah satunya inovasi dalam penampilan rak minimarket. Mengubah gaya dan cara berbelanja seseorang menjadi kian fleksibel, mempermudah komunikasi serta mampu menembus batasan waktu dan tempat.

Demikian tadi, beberapa inovasi yang dilakukan minimarket agar lebih mendekatkan diri dengan konsumen/pelanggan serta meningkatkan kualitas pelayanannya melalui gebrakan gebrakan yang sesuai dengan perkembangan jaman.

 

 

Dan untuk mengakhiri uraian ini, dapat Penulis simpulkan bahwa :

1. Inovasi yang dilakukan dalam pembuatan rak minimarket agar minimarket menjadi tempat belanja modern yang multi fungsi patut diapresiasi, karena semua itu demi peningkatan mutu pelayanan dan sebagai upaya lebih mendekatkan diri pada pelanggan setianya.

2. Para pengunjung/calon pembeli hendaknya tidak egois dalam memanfaatkan fasilitas tempat duduk yang tersedia di teras minimarket. Selain jumlah dan tempat terbatas juga memberi kesempatan pengunjung lain untuk menikmati fasilitas yang tersedia. Dan pihak pengelola juga harus tegas dan tanggap jika fasilitas tersebut digunakan tidak semestinya, misalnya : tidak beli tapi hanya numpang duduk, ngobrol, merokok, minum minuman keras, berpacaran, bikin kegaduhan, mengotori tempat, dan sebagainya.

3. Pihak minimarket memberi kesempatan para pengusaha kecil dan menengah untuk menitipkan barang jualannya di rak minimarket yang sudah disediakan dengan berbagai pertimbangan yang menguntungkan kedua pihak. Meski begitu, alangkah bijak  jika para pengusaha tidak egois dengan memaksakan kehendak, sementara produknya tidak layak jual/tidak memenuhi persyaratan.

jual rak minimarket super murah dan berkualitas

 

RAK MINIMARKET BERINOVASI DENGAN MULTI FUNGSI