Home » Uncategorized » Ingin Berhemat Saat Berbelanja di Supermarket? Ini Dia Tipsnya!

Ingin Berhemat Saat Berbelanja di Supermarket? Ini Dia Tipsnya!

Ingin Berhemat Saat Berbelanja di Supermarket? Ini Dia Tipsnya!

 

Berbelanja di supermarket tidak lagi menjadi hal yang aneh dewasa ini. Dulu orang pergi ke pasar untuk memperoleh harga murah. Namun supermarket telah menawarkan berbagai jenis barang kebutuhan dengan harga bersaing. Tempat yang nyaman jika dibandingkan pasar tradisional menjadikan supermarket adalah tempat yang wajib dikunjungi rutin minimal satu bulan sekali untuk membeli barang-barang kebutuhan bulanan.

Meski demikian, tidak sedikit orang yang mengalami pengeluaran tidak perlu saat berbelanja di supermarket. Meski menjadi kebiasaan rutin, belanja di supermarket tetap menjadi kegiatan yang membahayakan isi kantong, terlebih jika tidak bisa mengatur pengeluaran belanja dengan tepat. Apakah Anda mengalaminya? Jika iya, maka Anda perlu menyimak beberapa tips berhemat saat berbelanja di supermarket berikut ini :

 

Isi troly dengan barang-barang yang dibutuhkan saja

Sangat disarankan untuk tidak berbelanja dengan menggunakan troly berukuran besar. Troly besar bisa jadi membuat Anda merasa masih ingin berbelanja karena masih ada tempat kosong (space) di dalam troly yang Anda gunakan. Maka sebaiknya Anda gunakan troly berukuran kecil, atau keranjang belanja yang dijinjing saja. Ukuran yang kecil akan lebih sesuai dengan jumlah barang yang akan dibeli. Dan pastikan juga bahwa Anda hanya mengisi troly tersebut dengan barang belanja yang Anda butuhkan saja.

 

Membuat catatan belanja sebelum datang ke supermarket

Hal ini menjadi penting karena faktor terbesar mengapa tidak bisa berhemat dalam berbelanja adalah tidak adanya catatan belanja yang jelas. Sehingga berbelanja asal yang nampak di mata. tentu hal seperti ini akan menimbulkan pembengkakan biaya. Jadi buatlah catatan belanja apa saja yang harus dibeli sebelum datang ke supermarket. Ini akan menjadikan berbelanja Anda lebih efisien, terlebih jika Anda biasa kesulitan mengatur pengeluaran. Belanja sesuai dengan catatan daftar belanja dan hindari untuk menyimpang atau membeli barang yang tidak terdapat di dalam daftar tersebut.

 

Tidak Terlalu Lama di Supermarket

berlama-lama di supermarket akan membuat Anda membeli barang-barang yang biasanya tidak begitu dibutuhkan. Jika barang dalam daftar belanja sudah terpenuhi, sebaiknya segera tinggalkan supermarket segera. Karena di sana bukan tempat nongkrong untuk Anda merasa nyaman menghabiskan banyak waktu di sana.

 

Jangan tergiur dengan harga diskon

Sebaiknya Anda tidak mudah tergiur dan tergoda untuk membeli barang dengan harga diskon. Apalagi barang tersebut tidak ada dalam daftar belanja Anda. Barang diskon sejatinya hanya marketing dari pemilik supermarket. Karena diskon belum tentu benar. Bisa jadi harganya normal seperti biasa, hanya saja dibumbui dengan kata-kata diskon untuk menarik pembeli.

 

Belanja di Hari Kerja

Berbelanja di hari kerja dan hindari belanja di akhir pecan. Karena supermarket akan ramai dan penuh pengunjung pada hari-hari semacam itu. Dan hal itu biasanya akan dimanfaatkan oleh pihak supermarket untuk meningkatkan keuntungan. Biasanya dengan menaikkan harga barang-barang yang mereka jual, atau membuat diskon-diskon palsu.

 

Fokus pada barang yang dibutuhkan saja

Pintu masuk supermarket biasanya sengaja dihiasi barang-barang menarik dengan harga promo. Hal tersebut sengaja dilakukan manajemen supermarket untuk menarik pembeli. Kondisi semacam ini akan menjadi tantangan bagi Anda terlebih jika Anda tertarik pada salah satu atau beberapa barang yang dipamerkan di sana. Siapkan mental untuk menghindari berbagai godaan tersebut. Tetap fokus pada barang yang dibutuhkan saja seperti yang ada pada daftar belanja Anda.

 

Hindari Makanan Sampel

Makanan sampel memang dijajakan untuk dicicipi secara gratis. Tujuannya tidak lain hanyalah untuk menarik pembeli. Maka makanan sampel juga memiliki potensi besar untuk segera Anda beli jika Anda telah mencicipinya. Meski makanan tersebut tidak terlalu Anda butuhkan. Karena para sales promotion girl (SPG) akan memberikan promo-promo, bahasa marketing atau sugesti-sugesti tertentu terkait produk makanan itu agar pembeli tertarik dan akhirnya membeli. Tidak sedikit pengalaman orang yang termakan dan tertarik trik makanan sampel itu. Karenanya lebih baik Anda menghindari untuk mendekati apalagi mencicipi makanan sampel. Sebaiknya juga Anda ke supermaket dalam kondisi perut kenyang, sehingga Anda tidak akan lapar perut maupun mata jika ada berbagai godaan makanan sampel gratis.

 

Hindari membawa serta anak-anak saat ke supermarket

Anak-anak akan menjadi salah satu faktor yang paling sulit untuk Anda atasi ketika berada di supermarket. Karena mereka akan meminta apapun yang dilihatnya. Terlebih jika Anda tidak mampu menolak permintaan atau rengekan anak-anak. Manajemen supermarket memang sengaja menempatkan berbagai makanan juga cemilan yang disukai anak-anak pada rak-rak yang rendah. Sehingga anak akan mudah mengambil dan memasukkannya ke dalam troly belanja. Karenanya sebisa mungkin Anda tidak membawa anak-anak saat berbelanja di supermarket. Supaya pengeluaran belanja bisa diatur sesuai dengan yang Anda beli.

 

Namun jika tidak memungkinkan untuk meninggalkan anak di rumah, beri pengertian pada buah hati Anda untuk tidak meminta berbagai macam makanan atau pun cemilan. Kalau pun membeli, ijinkan hanya 1 jenis makanan saja. Secara tidak langsung hal ini untuk melatih kontrol keinginan pada anak, sekaligus melatih manajemen emosi Anda pada anak.

 

Mengantri dan mengingat

Mengantri pada bagian pembayaran atau kasir akan menjadi hal yang membosankan dan melelahkan, terlebih jika berbelanja di tanggal muda saat pegawai baru menerima gaji mereka. Jumlah pengunjung supermarket akan membludak, dan antrian kasir akan memakan waktu yang lama. Maka manfaatkan waktu tersebut untuk mengingat kembali barang-barang yang Anda beli. Lihat seluruh isi troly belanja Anda. Apakah masih ada yang terlupa dan belum masuk dalam troly, atau malah terdapat barang-barang belanja yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan. Jika ada barang tidak terlalu dibutuhkan, baiknya Anda kembalikan pada rak untuk mengurangi pengeluaran.

 

Gunakan produk-produk generik

Produk generik tidak hanya untuk obat saja. Ternyata berbagai makanan dan produk kebutuhan tertentu juga ada produk generiknya dengan harga yang lebih terjangkau. Tidak ada salanya Anda mencoba membeli, menggunakan atau mengkonsumsi produk-produk generik dari barang kebutuhan Anda. Siapa tahu cocok dan tidak bermasalah. Hal tersebut bisa mengurangi pengeluaran.

 

Jangan melirik produk-produk di area kasir

Produk makanan di area kasir memang sengaja dipajang agar dapat dilihat oleh pelanggan yang melakukan antrian pembayaran. Menunggu antrian panjang akan memerhatikan ke sana kemari, dan tidak menutup kemungkinan Anda akan melakukannya juga. Anda akan melihat lalu mengambil beberapa produk seperti makanan ringan, permen atau coklat dan akhirnya tergiur lalu memasukkannya ke dalam troly belanja Anda. Karenanya saat mengantri di kasir, hindari untuk melirik produk-produk di area tersebut.

 

Pahami aturan pemakaian kupon produk tertentu

Tidak semua kupon produk akan menguntungkan. Kupon-kupon yang memberi iming-iming potongan harga atau gratis produk tertentu seringnya justru malah memancing untuk pengeluaran uang yang lebih besar. Karena kupon produk memiliki persyaratan tertentu untuk bisa digunakan. Maka pahami terlebih dulu aturan pemakaian kupon produk yang bersangkuta. Hitung juga berapa pengeluaran pasti yang harus dikeluarkan untuk bisa menggunakan kupon tersebut, agar anda tidak terjebak pada pengeluaran yang lebih besar.

 

Beli buah dan sayuran sesuai musimnya

Buah dan sayuran yang dijual tidak sesuai musimnya cenderung memiliki harga yang lebih mahal. Maka beli dan simpan buah serta sayuran yang cukup ketika musimnya tiba, sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran saat buah dan sayur tersebut tidak musim.

 

Belanja dengan rencana dan waktu yang tepat

Tidak jarang aktifitas berbelanja di supermarket membuat Anda repot dalam mengatur keuangan. Apalagi jika produk-produk tertentu mengalami kenaikan harga. Maka berbelanjalah dengan santai, tidak terburu-buru dan pada waktu belanja yang tepat misal di hari kerja. Rencanakan juga perhitungan belanja Anda dengan teliti dan cermat agar tidak terjadi pembengkakan anggaran keuangan belanja bulanan. Sehingga semua daftar belanja yang sudah Anda buat bisa terbeli dengan tepat.