Home / Bisnis Minimarket Yang Menjanjikan

Bisnis Minimarket Yang Menjanjikan

BISNIS MINIMARKET YANG MENJANJIKAN

Di Era Modern sekarang ini bisnis minimarket yang menjanjikan adalah salah satu alasan banyak orang yang terjun ke bisnis ini. Mau tidak mau telah mengubah gaya dan cara hidup masyarakat dimana telah terjamah modernisasi. Begitupula masyarakat dunia Internasional dan Nasional seperti Indonesia.

Modernisasi telah merambah disegala bidang kehidupan, termasuk dalam gaya atau cara berbelanja kebutuhan sehari-hari. Dulu orang berbelanja ke pasar tradisional ataupun warung-warung terdekat dengan rumah. Kini banyak orang berbelanja di Minimarket, Supermarket, ataupun Swalayan. Minimarket adalah istilah baru untuk tempat berbelanja di Era Modern sekarang ini.

 

bisnis minimarket yang menjanjikan di era modern sekarang ini

 

Bisnis minimarket ini sangat booming, dengan bukti banyak minimarket merebak dimana-mana, dilingkup pedesaan ataupun perkotaan. Baik dalam skala kecil ataupun skala besar. Hampir disemua pinggir jalan yang kita lalaui tidak sedikit kita jumpai minimarket dengan berbagai nama dan ciri khas masing-masing. Lalu, mengapa demikian ? Apakah bisnis minimarket ini sebagai alasan utama dari kebanyakan orang? Jawabannya adalah “YA”.

Dengan berdirinya minimarket di berbagai lokasi menjadi indikasi bahwa bisnis tersebut menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Bahkan meski minimarket sudah menjamur , tetap saja ada orang tertarik untuk mendirikan lagi, lagi, dan lagi. Ini artinya masih banyak orang yang menikmati berbelanja di pasar modern tersebut.

 

Siapa Pemilik Modal Minimarket?

Wooooww, pasti pemilik minimarket ini konglomerat ya? Tidak juga. Untuk memiliki bisnis minimarket ini tidak harus konglomerat. Orang dengan modal kecil pun bisa. Persyaratannya juga mudah, pemilik modal minim tersebut harus membuat kerjasama dengan model franchise dengan banyak orang atau kolektif seperti minimarket “Kita Mart” ataupun “Minimarket 212”. Sistem ini merupakan sistim yang paling efektif dengan modal yang kecil. Kita tidak repot dalam pengadaan lokasi, pengadaan rak gondola minimarket , pengadaan barang dagangan, dan lain sebagainya.

 

 Minimarket Sistem Franchise

Banyak keuntungan dengan mendirikan minimarket dengam model kolektif atau berjamaah. Sekarang banyak penyedia franchise minimarket dengan berbagai macam keunggulan layanan dan pilihan paket awal modal usaha, dengan rak minimarket rak supermarket yang juga modern dan murah, sehingga kita bisa menyesuaikan besaran modal yang kita miliki.

 

Minimarket Sistem Modal Sendiri

Meski demikian, kita juga bisa mendirikan bisnis ini tanpa sistem franchise, yaitu modal sendiri. Penyediaan rak minimarket rak supermarket, barang dagangan, pengelolaan, semuanya dikelola sendiri.

Tak bisa dipungkiri jaringan penyedia minimarket dengan sistem franchise sangat luas, sehingga penyedia produk barang pun mereka lakukan sistem pembelian barang dagangan dalam jumlah besar, sehingga didapat harga yang murah untuk setiap produknya.

 

Lokasi Minimarket

Untuk pengadaan tempat untuk sebuah minimarket cukup bangunan yang luasnya bervariatif tergantung ketersediaan lahan. Luasnya ada yang dari 50 m2 sampai dengan 200 m2. Ukuran tersebut mampu diisi 10 sampai dengan 20 rak minimarket rak supermarket, tergantung layoutnya. Usahakan lokasi untuk mendirikan minimarket lokasinya strategis ramai dengan orang berlalu lalang.

 

Dari sedikit paparan diatas , tentu Anda sudah sedikit ada tambahan informasi tentang bisnis minimarket yang menjanjikan. Ada baiknya juga sebelum Anda mendirikan sebuah usaha minimarket perbanyak informasi mengenai minimarket. Ada banyak cara untuk mendapatkan tambahan informasi tersebut. Bisa memalaui ikut seminar yang banyak diadakan oleh Pakar Minimarket ataupun Konsultan Minimarket.

 

bisnis minimarket yang menjanjikan bagi semua orang

 

Ada baiknya penulis juga menjelaskan sedikit perbedaan antara minimarket dan supermarket.

Perbedaan Minimarket dan Supermarket

Tentulah dari namanya saja sudah berbeda, tapi bukan hanya itu perbedaannya, banyak sekali perbedaannya antara minimarket dan supermarket. Diantaranya luas lahan ataupun bangunan, jenis rak minimarket rak supermarket. Selain itu prioritas calon pembeli yang menjadi target menjadi konsumen. Supermarket di prioritaskan untuk konsumen yang berbelanja dalam jumlah banyak, dan banyak pilihan produknya, seperti kebutuhan belanja untuk kebutuhan dalam satu bulan. Lain halnya dengan minimarket yang pangsa pasarnya adalah konsumen yang kebutuhannya untuk beberapa hari.

Hal penting lainnya yang harus kita perhatikan adalah segi kenyamanan berbelanja. Idealnya sebuah minimarket mempunyai tempat parkir, ruangan ber AC, bersih, jalan atau lorong antar rak minimarket rak supermarket yang luas, produk tertata rapi dan mudah dalam pencarian barangnya, sopan santun pelayan toko, dan masih banyak lagi.

Beberapa waktu yang lalu terjadi pro dan kontra atas kehadiran pasar modern, baik yang berupa Mall, Supermarket, ataupun Minimarket diberbagai wilayah Indonesia.

Yang pro, hadirnya pasar modern tersebut bisa menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran terutama masyarakat yang dekat dengan lokasi tersebut. Para pelaku usaha kecil bisa menitipkan produk mereka, tentunya dengan berbagai aturan yang telah disepakati bersama antara pemilik toko dengan para pelaku usaha kecil tersebut.

Selain itu masyarakat setempat senang, karena untuk mencari barang sehari-hari jaraknya dekat dari rumah. Apalagi diberbagai minimarket telah melakukan inovasi untuk melakukan pelayanan kepada konsumen , dengan cara delivery order ataupun dengan sistem online, dan banyak promo harga murah ataupun banjir hadiah untuk para member minimarket tersebut.

Sedangkan bagi yang kontra terhadap berdirinya minimarket di sekitar mereka juga mempunyai berbagai alasan: para penjual tradisional banyak yang gulung tikar karena sepi pengunjung sehingga  dagangan mereka banyak yang tidak laku terjual. Sehingga pendapatan tidak seimbang dengan pas waktu kulakan. Bahkan ada yang tidak laku sama sekali, sementara para pemilik warung tradisional harus boalak balik ke agen untuk berbelanja dan itu membutuhkan waktu dan biaya.

 

bisnis minimarket yang sangat menjanjikan

jual rak untuk toko ataupun minimarket

Peran Serta Pemerintah

Untuk itu peran serta pemerintah dalam membuat kebijakan terhadap penyedia minimarket dengan sistem fanchise ini sangat diharapkan. Agar segala sesuatu diatur sesuai Undang-undang ataupun peraturan Pemerintah. Hal ini di maksudkan untuk melindungi semua kepentingan warga negara Indonesia, sehingga tidak ada yang dirugikan.

Pemilik modal bisa menjalankan bisnis franchisenya dan para penjual dipasar tradisional juga tetap bisa mencari nafkah dengan baik, tidak merasa dibunuh mata pencahariannya oleh keberadaan minimarket atau sejenisnya.

Dan Alhamdulillah , para pembuat kebijakan dibeberapa daerah di Negeri ini telah membuat aturan diantaranya :

  1. Setiap usaha ekonomi / pendirian bangunan pasar modern haris mempunyai ijin.
  2. Perusahaan pengelola pasar modern (mall, supermarket, swalayan, minimarket) dalam menentukan lokasi usahanya tidak boleh berdekatan jaraknya dengan lokasi pasar tradisional
  3. Pemilik pasar modern harus mau menampung semua produk hasil kreativitas warga sekitar yang telah memenuhi persyaratan layak jual, kehalalan, kesehatan, pengemasan, dan lain-lain.
  4. Pengelola pasar modern harus melibatkan sumber daya masyarakat sekitar tempat usaha yang memenuhi persyaratan untuk menjadi karyawan (pramuniaga, sekuriti, tukang parkir, dan lain sebagainya)

 

bisnis minimarket sedang menjamur

 

Dengan aturan yang telah dikeluarkan Pemerintah setempat, diharapkan semua kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan lancar.

Demikian sedikit ulasan tentang “Bisnis Minimarket Yang Menjanjikan”. Adapun beberapa kesimpulan yang bisa kita ambil, bahwa:

  1. Bisnis minimarket memang sedang menjadi primadona saat ini, baik untuk pemodal besar ataupun kecil
  2. Pertumbuhan minimarket di wilayah Indonesia membawa angin segar bagi peningkatan perekonomian. Namun demikian, dalam prosesnya harus ada kebijakan yang mengatur agar pasar tradisional tidak tergilas dan tersingkir oleh minimarket moderen
  3. Bisnis  minimarket yang menjanjikan ini harus bisa menjadi sarana dan wadah bagi pelaku usaha kecil dan menengah dalam menjual produk-produk mereka.