Home » ~>3 Jenis Model Rak Minimarket & Pilihan Bahannya

~>3 Jenis Model Rak Minimarket & Pilihan Bahannya

3 Jenis Model Rak Minimarket & Pilihan Bahannya

Setiap minimarket tentunya memiliki jenis bahan dan model rak minimarket yang berbeda-beda, tergantung dengan kebutuhan yang dimiliki. Seperti yang sudah diketahui bahwa rak untuk minimarket ini terdiri dari beberapa jenis yang beragam dengan bahan dan model yang berbeda. Hal ini tentu memberikan fungsinya juga yang beragam dalam usaha tersebut. 

Minimarket atau supermarket tentu sangat membutuhkan rak susun untuk mendisplay pajangan produk yang ditawarkan. Setiap toko memiliki kebutuhan rak yang berbeda, dengan ukuran dan jenis yang tidak sama. Untuk menentukan sebuah rak dalam minimarket perlu diketahui terlebih dahulu mengenai bahan dan juga jenis-jenis yang ada. 

Hal yang Membedakan Rak Supermarket dengan Minimarket

Banyak yang berpikir bahwa kedua usaha ini memiliki jenis rak yang sama, dan yang membedakannya hanyalah model atau bahan dari rak tersebut. Namun tahukah Anda bahwa keduanya memiliki banyak perbedaan dalam menentukan rak yang tepat untuk display produk. Perbedaan ini tentunya memberikan tujuan dan fungsi tersendiri yang membuatnya tampak unggul. 

Hal yang paling mudah untuk diperhatikan yaitu pada rak minimarket memiliki ukuran yang cukup standar dan tidak terlalu besar. Umumnya hanya memiliki tinggi yang berkisar 120 hingga 170 cm, namun banyak minimarket yang hanya menggunakan rak dengan tinggi 150 cm. Ketebalan pada rak tersebut juga berbeda dengan rak yang dimiliki oleh supermarket. 

Tinggi rak yang dimiliki oleh supermarket sendiri yaitu mencapai 180 cm sampai dengan 240 cm, cukup standar namun lebih besar dari minimarket. Pada rak supermarket memiliki luas shelving pada bagian bawah yang berkisar 45 cm sementara shelving atas hanya 40 cm. Daya tahan yang dimiliki oleh jenis rak supermarket ini dapat menampung beban dengan berat hingga 150 kg. 

Jenis-Jenis dan Ukuran Rak Minimarket 

Ada banyak jenis rak yang biasa digunakan dalam usaha retail, mengingat bahwa usaha jenis ini memang sangat membutuhkan rak untuk display barang. Selain itu fungsi dari rak itu sendiri adalah agar barang yang dipajang lebih terlihat rapi dan tertata dengan baik untuk menarik pelanggan. Berikut ini adalah beberapa jenis rak yang umum digunakan dalam usaha retail. 

1.Rak Single 

Sesuai dengan namanya, rak ini hanya mempunyai satu sisi saja, sementara sisi lain tidak ada. Biasanya rak jenis ini ditempelkan pada dinding minimarket, dengan posisinya yang berada di bagian pinggir atau sisi toko saja. Fungsinya sendiri sebagai tempat display ringan untuk barang yang akan dijual, sehingga terlihat lebih rapi dan tertata, dan juga tidak berantakan. 

Ukuran dari rak single sendiri berkisar antara 42 cm dengan ukuran ketinggiannya adalah PxLxT yaitu 90x42x170 cm. Namun biasanya ukuran tinggi yang digunakan pada setiap minimarket adalah 150 cm hingga 120 cm. Hal ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan dari minimarket tersebut, dan juga disesuaikan kembali dengan berat barang. 

meja kasir toko sembako

2. Rak Double 

Rak jenis ini merupakan salah satu jenis rak yang diletakkan di tengah-tengah ruangan, sehingga tidak heran jika sering kali disebut sebagai rak island. Rak ini juga mempunyai sisi yang berjumlah dua, dengan variasi ukurannya yang beragam, dan dapat disesuaikan untuk penempatan barang yang akan dipajang. Fungsi rak ini juga hampir sama dengan rak single minimarket. 

Ukuran yang tersedia pada jenis rak double ini yaitu leg 42 cm, dengan rumus PxLxT atau sama dengan 90x42x150 atau dengan tingginya mencapai 170 cm. Sementara untuk ukuran lainnya yaitu berkisar antara 37cm double leg, variasi pada ukuran PxLxT setara dengan 90x37x150cm. Ukuran ini bisa berbeda-beda dan bisa diubah sesuai dengan keinginan. 

3. Minimarket End 

Tipe model dari rak minimarket end ini memiliki sedikit perbedaan dari jenis atau tipe rak yang lainnya. Tipe end merupakan salah satu tipe rak dengan satu sisi yang banyak digunakan dalam toko-toko terutama pada minimarket. Penempatan rak ini yaitu diletakkan pada ujung baris bagian depan toko, atau bisa juga ditempatkan pada baris belakang setelah rak double. 

Daftar Harga Rak Gondola Minimarket double & singgle

Tipe end juga termasuk dalam jenis rak tipe AZ yang biasanya digunakan dalam pada toko atau minimarket nasional. Umumnya desain yang dimiliki oleh rak ini memberikan kesan yang lebih modern dan dirancang secara khusus untuk toko-toko. Konsep yang dimilikinya juga sangat beragam dan biasanya menerapkan campuran dari toko swalayan. 

Spesifikasi dan Bahan Rak

Seperti yang sudah diketahui bahwa rak memiliki jenis bahan dan model rak minimarket yang banyak dan beragam. Tentunya hal ini berpengaruh pada daya tahan yang dimiliki oleh rak tersebut untuk menampung barang dan produk yang akan dipajang. Berikut adalah rangkaian penjelasan mengenai spesifikasi dan bahan dari rak minimarket yang banyak digunakan. 

  1. Bahan Baku Rak 

Umumnya setiap rak memiliki bahan baku yang berbeda-beda, dan tergantung dengan jenisnya. Biasanya salah satu bahan yang digunakan adalah jenis Cold Rolled Steel yang dengan konsep dan desain finishing yang terlihat modern. Rak jenis ini juga menjadi lebih tahan lama dengan adanya sistem epoxy powder coating yang membuatnya lebih awet serta aman. 

2. Ukuran Panjang Rak

Rak ini juga memiliki panjang yang berkisar 900 mm dengan lebar pada shelving bawah yaitu 350 mm atau juga 450 mm. Namun ukuran ini sewaktu-waktu bisa berubah kapan saja dan mengikuti permintaan Anda. Pada rak ini warna yang dimiliki juga sangat beragam, tetapi biasanya cenderung berwarna biru, orange, merah, putih atau warna-warna lainnya. 

3. Tinggi Rak

Pada rak minimarket yang memiliki tinggi sekitar 1700 hingga 1800 mm umumnya ada pada rak tipe single dengan jumlah shelving dasar 1, pada bagian atas. Rak double sendiri mempunyai shelving pada bagian bawah berjumlah 2, dan sisi atasnya berjumlah 10. Ukuran ini terus bertambah sesuai dengan ketinggian yang dimiliki oleh rak minimarket tersebut. 

4. Tebal Rak 

Shelving pada setiap jenis rak minimarket biasanya adalah 0,8 mm, namun bisa kembali disesuaikan. Sementara pada tebal bracket dan juga ketebalan yang dimiliki oleh tiang pada rak berjumlah 2,0 mm. Pada hal seperti ini tebal akan mempengaruhi lebar yang dimiliki orang rak, mulai dari lebar rak pada tiang bagian depan hingga tiang samping rak tersebut. 

Lebar rak yang digunakan pada minimarket untuk bagian depan adalah 60 mm. Pada bagian sampingnya sendiri biasanya 30 mm, atau bisa mencapai lebih jika rak yang digunakan cukup besar. Spesifikasi yang dimiliki oleh rak minimarket memang berbeda dengan rak untuk keperluan lainnya. 

Masih ada jenis bahan dan model rak minimarket lainnya yang bisa Anda tentukan sendiri untuk media display pada toko. Penjelasan di atas merupakan beberapa hal yang umum digunakan oleh minimarket, karena merupakan spesifikasi dan model secara nasional. Walaupun dapat dipastikan bahwa setiap minimarket menggunakan model dan spesifikasi berbeda.